3 Perbedaan Bimbel Online UTBK Dahulu, Kini dan Akan Datang

3 Perbedaan Bimbel Online UTBK Dahulu, Kini dan Akan Datang

Dengan banyaknya kebutuhan akan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), manjadikan Bimbel Online UTBK semakin dicari masyarakat, tidak hanya para lulusan Sekolah Menengah saja. Para alumnus yang sudah lebih dari 2 tahun pun berlomba mencari tempat bimbel terbaik.

Sejak dahulu memang bimbel sangat diminati dan menjadi salah satu alternatif kegiatan belajar yang diyakini memberikan kurikulum sama dengan kesulitan atau pemahaman setara tingkat fakultas. Namun tahukah kamu bedanya belajar bimbel dahulu dan sekarang, baik itu secara offline maupun online?

Mari kita cari tahu secara singkat.

Bimbel Online UTBK

UTBK atau yang juga disebut SNMPTN adalah ujian atau tes seleksi yang biasa di ambil untuk masuk PTN. Adapun kepanjangan UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer, yang artinya ujian ini menggunakan basis komputer dan tidak akan menggunakan kertas lembar jawaban dan pensil. UTBK sendiri dicetuskan sejak 2018, kemudian mulai dilaksanakan pada 2019 sebagai seleksi masuk PTN di Indonesia.

Sejak saat itu, pelajar semakin menyadari pentingnya UTBK dengan alasan “Jika ingin lolos seleksi ujian dan mendapatkan jurusan PTN favorit, maka harus mengikuti ujian ini”, Satu diantaranya adalah ikut bimbel online UTBK.

Pemilihan Kelas Di Bimbel

Seperti telah diketahui bahwa pemilihan kelas dari banyaknya siswa menentukan keberhasilan dan juga fokus dalam belajar. Semakin sedikit siswa dalam satu kelas akan semakin fokus dan serius belajar, namun hal ini tentunya akan mahal pula pembayarannya.

Bagi Bimbel Online UTBK menentukan kelas juga sangat diperhatikan, sebab akan bisa menentukan juga arah PTN dan jurusan apa yang akan diambil para siswa. Sebagai contoh, di 2018 lalu bimbel akan menentukan kelas berdasarkan jurusan yang diambil seperti jurusan dari kelas IPA atau IPS dengan memberikan form minat bakat atau jurusan. Skor dalam minat bakat bisa dilanjutkan ke pembelajaran siswa dan akan difokuskan.

Berikut adalah materi-materi yang akan diajarkan sesuai perbedaan jurusan PTN Indonesia.

Bagi siswa saintek, materi yang diajarkan dan disesuaikan ujian di antaranya:
  • Matematika IPA
  • Kimia
  • Fisika
  • Biologi
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Indonesia
Adapun untuk siswa soshum, materi yang diajarkan dan disesuaikan ujian di antaranya:
  • Matematika Soshum
  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sejarah
  • Sosiologi
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Indonesia

Tips Memilih Bimbel Online Indonesia

Dalam menentukan Bimbel Online UTBK ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan, diantara yang paling penting adalah kegiatan belajar mengajarnya, intensif pembelajaran ke jurusannya, dan presentasi kelulusan pada jurusan dan universitas yang diambil.

Semakin bagus presentasi tingkat kelulusan masuk PTN favorit, maka bagus pula sistem pembelajaran intensif didalamnya. Hal ini bisa dipercaya kamu akan ikut bergabung masuk PTN impianmu.

Perbedaan Bimbel Dahulu hingga Sekarang

Dengan perkembangan teknologi, kini siswa atau peserta minat masuk bimbel menjadi seperti berkurang. Bisa dilihat dari bimbel offline yang semakin jarang terlihat, begitu pula bimbel online UTBK. Tidak banyak yang bertahan seperti Zenius dan Ruang Guru. Namun tidak menutup kemungkinan bimbel akan banyak dicari kembali saat tahun 2018.

0 Comments